Beranda | Artikel
Yang Paling Utama - Hadits 1494-1496 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Minggu, 22 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Kajian Islam Tentang Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1494

أفضلُ الأعمال أن تدْخل على أخيكَ المؤمنِ سرورا أو تقضي عنه دينا أو تطعمَهُ خبزا

Amal yang paling utama adalah kamu memberikan kabar gembira kepada seorang mukmin atau melunaskan hutangnya atau memberinya makan

Dari hadits di atas, dapat kita ambil pelajaran bahwa hendaknya seorang mukmin berusaha untuk membantu saudaranya. Seorang mukmin hendaknya tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Faidah selanjutnya adalah bahwa amalan yang bermanfaat untuk orang lain lebih baik dan utama dari pada amal yang hanya manfaatnya untuk diri kita sendiri.

Hadits 1995

أفضلُ الإيمان الصبرُ والسماحة

Iman yang paling afdhal adalah sabar dan tidak menyulitkan

Hadits ini menunjukkan bahwa amal yang paling utama dalam keimanan adalah sabar. Dan memang tanpa kesabaran kita tidak bisa beriman. Karena keimanan adalah keyakinan dengan hati, ucapan dengan lisan dan amalan dengan anggota badan. Untuk mengamalkan dengan anggota badan inilah diperlukan kesabaran. Ali bin Abi Thalib berkata, “kesabaran didalam iman adalah seperti kepala untuk badan. Sebagimana badan tidak dapat hidup tanpa kepala, imanpun tidak bisa hidup tanpa kesabaran“.

Faidah selanjutnya adalah السماحة yang berarti mudah dan tidak menyulitkan. Maka dari itulah bahwa agama Islam adalah agama yang mudah. Islam tidak memberatkan umatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita bersikap berlebih-lebihan yang merupakan kebalikan dari As-Samahah ini. Yang perlu diperhatikan adalah mudahnya tetap sesuai syariat, bukan mudah sesuai syahwat.

Sebagian orang salah dalam memahami hadits ini, sehingga mereka mencari yang paling mudah walaupun hal itu tidak sesuai dengan syariat. Akhirnya mereka mencari-cari keringanan para ulama. Kemudian mereka mengambil pendapat yang paling ringan untuk dikerjakan tanpa melihat apakah itu pendapat yang batil atau tidak. Hal ini jelas tidak dibenarkan.

Hadits 1996 – Menit ke- 13:06

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30208-yang-paling-utama-hadits-1494-1496-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-lc/